Cara Downgrade WordPress ke versi Sebelumnya

Cara Downgrade WordPress ke versi Sebelumnya

Halo sobat belajargoogleadsense, sudahkah kalian memperbarui versi WordPress kalian, kemudian mendapatkan banyak masalah atau error pada website kalian? Jika iya, tetap tenang dan ingat baik-baik apa saja yang sobat lakukan sebelum memperbarui WordPress kalian.

Banyak sekali masalah yang terjadi diakibatkan karena theme dan plugin WordPress yang sobat punya tidak support dengan versi WordPress. Maka dari itu solusi tercepat dan efektif adalah downgrade WordPress ke versi sebelumnya.

Masalah tidak support dengan WordPress versi terbaru adalah salah satu dari banyak penyebab, kita coba untuk menonaktifkan semua plugin yang terinstal pada website. Jika itu berhasil, lebih baik diganti saja plugin tersebut sampai plugin tersebut update untuk support pada WordPress versi terbaru.

Namun, jika masalahnya adalah pada tema yang tidak support, ini beda ceritanya. Karena mungkin kita sudah banyak otak-atik pada tema tersebut, jadi kita putuskan saja untuk downgrade WordPress ke versi sebelumnya.

Sebelum kita melakukan downgrade, kami sangat menyarankan sobat duriat membuat backup website untuk menghindari sesuatu jika tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Seorang ahli juga pernah gagal, jadi ada baiknya kita mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan. Ada banyak plugin untuk membuat backup pada WordPress, kalian tinggal memilih dan pastikan plugin tersebut support dengan versi WordPress terbaru.

Pastikan juga sobat belajargoogleadsense sudah mendownload versi WordPress yang sobat inginkan. Untuk mendapatkannya bias di download gratis di WordPress Release.

Cara downgrade WordPress ke versi sebelumnya

1.Nonaktifkan semua plugin

Setelah website sobat di backup dan mendownload versi WordPress yang dibutuhkan untuk downgrade, hal pertama yang dilakukan adalah menonaktifkan semua plugin WordPress.

Deactive semua plugin yang terinstal pada WordPress

2. Logout dari WordPress

Setelah semua plugin WordPress di nonaktifkan, logout dari admin panel sobat.

3. Gunakan FTP Client untuk memindahkan file WordPress

Sekarang sobat duriat membutuhkan sebuah FTP Client, FTP client ini digunakan untuk mengakses semua file ke website kalian. Saya menggunakan FileZilla untuk membuat tutorial ini, software ini gratis jadi bias kalian download dan filenya hanya 8mb. Setelah download silahkan diinstall dan login menggunkan data yang diberikan Hosting provider sobat duriat. Pada FTP Client , masuk ke file WordPress (wp-admin, wp-content,wp-includes).

4. Hapus folder wp-admin dan wp-includes

Delete folder wp-admin dan wp-includes. Jangan lakukan apapun selain meghapus kedua folder tersebut.

5. Pindahkan file dari WordPress yang sudah di download

Silahkan buka file WordPress yang sudah didownload kemudian extract. Setelah itu masuk ke FTP dan upload semua file yang ada di older WordPress kecuali folder wp-content. Setelah semua file sudah berhasil diupload, artinya proses downgrade WordPress sudah selesai.

6. Update Database WordPress

Login pada dashboard admin WordPress. Kemudian akan langsung ada pesan untuk update database WordPress, klik pada tombol “Update WordPress Database”. Kemudian klik continue dan kalian akan langsung masuk ke halaman admin.

Downgrade WordPress Berhasil

Setelah sobat berhasil masuk ke halaman admin, ini artinya kita sudah berhasil melakukan downgrade WordPress ke versi sebelumnya. Perlu diingat, ketika kita tidak menggunakan WordPress versi terbaru artinya ada banyak update dari WordPress yang tidak kita gunakan.

Ada baiknya sebagai konsumen sebuah tema WordPress, sobat duriat bisa komunikasi ke produsen atau yang membuat tema agar segera update dan support pada versi WordPress terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *